cara buat kabel straight dan cross over

Minggu, 16 Januari 2011


CARA BUAT KABEL STRAIGHT
Cara buat kabel sraight  caranya gampang pertama kupas pelindung luar kabel UTP , sampe muncul kabel kecil yang warna warni ,lalu atur agar semua kabel didalamnya lurus .Urutkan posisinya berdasarkan susunan kabel straight (untuk melihat susunannya liat aja diarsip saya dengan judul "apa itu cross dan straight". ,kemudian potong ujung kabel dengan gunting biar rata. Masukkan ujung-ujung kabel yang sudah digunting kedalam konektor RJ-45 lalu di crimping dengan tang crimping. Lalu untuk ujung yang satunya lagi lakukan sama dengan langkah pertama.Untuk memastikan kabel ini bisa digunakan masukkan ujung kedua kabel kedalam LAN-tester lalu periksa, jika semua lampu nyala sesuai urutannya maka kabel ini sudah siap kita pakai.
Untuk kabel cross juga sama seperti langkah diatas, cuma bedanya harus  perhatikan salah satu ujung yang berbeda. Adapun standard per-kabelan ini yang dijaminkan adalah kurang lebh 100 meter, diatas 100 meter kemungkinan akan mengalami loss, apa itu loss saya sendiri belum tahu, untuk lebih jelasnya tanya aja sama om google,karna ia search engine yang terpercaya dan sangat terkenal.
Kalau ada yang bingung cara membedakan kabel cross dan straight , sekarang saya bilangin. Sebenarnya mudah saja, perhatikan ujung dari kedua kabel tersebut lihat diagram-nya bila yang pertama adalah putih orange lalu kedua putih orange juga sudah pasti itu kabel straight, sedangkan kabel cross salah satu ujungnya dimulai dengan putih hijau.

0 komentar:

Posting Komentar

LINK


Get our toolbar!